Tips Cara Menghafal Al Qur'an


Menghafal Al-Qur'an / rediff.com





Dari pengakuan seorang hafidz Al-Qur'an, ia mengajarkan cara menghafal Al-Qur'an agar mudah dan cepat hafal. Metode yang dipakai yaitu metode 20x20.


Metode ini dilakukan dengan cara, misalnya di dalam satu surat terdapat enam ayat. Maka ayat itu dibagi menjadi dua dalam menghafal, yaitu tiga ayat tiga ayat. Setiap tiga ayat diulang 20 kali. Begitu tiga ayat selesai, lanjut dengan tiga ayat satunya yang juga diulang 20 kali. Setelah itu, gabungkan enam ayat tersebut dan lafalkan sebanyak 20 kali. Begitu juga dengan surat yang lainnya.


Jika ingin menambah hafalan baru, jangan lupakan hafalan yang lama. Surat atau ayat yang sudah kamu hafalkan dari awal, ucapkan lagi sebanyak 20 kali. Hal ini agar kamu tidak lupa dengan hafalan yang sudah kamu hafalkan sebelumnya, agar bacaan tetap kokoh dalam ingatan. Lalu, baru tambah bacaan baru seperti cara sebelumnya.


Setelah kamu hafalkan 30 juz, kamu bisa mengulang hafalan dari awal juz hingga akhir dengan cara mengulang dua juz setiap harinya dan membacanya sebanyak tiga kali. Dengan begitu, kamu bisa khatam Al-Qur'an setiap dua minggu sekali. Dan dalam jangka waktu satu tahun, InsyaAllah kamu sudah kokoh dalam menghafal Al-Qur'an.


Jika sudah hafal, agar tetap kuat dan kokoh di ingatan kita, jadikanlah surat dalam Al-Qur'an ini sebagai wirid harian. Wirid dapat dibagi menjadi tujuh bagian, sehingga kita bisa khatam dalam seminggu.


Selain itu, untuk membedakan bacaan yang hampir sama, kita bisa membuka kembali Al-Qur'an. Bandingkan ayat yang memiliki bacaan hampir sama, lalu cermati dan cari perbedaan antara keduanya.


Dengan metode seperti ini, diharapkan banyak muslim yang dapat menghafal Al-Qur'an dengan mudah. Tak ada batasan usia, siapapun dan berapapun usianya, jika ingin menjadi hafidz Al-Qur'an, maka berusahalah. Tak ada yang tak mungkin, jika kita niat dan meminta pertolongan kepada Allah Ta'ala, InsyaAllah, Allah Ta'ala akan mempermudah jalan kita, terlebih ini adalah niatan yang baik.




Comments

Popular Posts